Pemkab Katakan Tiga Desa Di Batang Hari Akan dijadikan Kampung Manggis

Koran Jambi, Batang Hari- Bertempat di Balai Desa Tanjung Marwo Kecamatan Muara Tembesi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang Hari serahkan bibit manggis secara simbolis kepada masyarakat, Kamis (20/10/2022)

Penyerahan bibit manggis tersebut di Wakilkan Oleh Kepala Dinas (Kadis) tanaman pangan dan hortikultura Kabupaten Batang Hari, Mara Mulya Pane dan turut dihadiri Unsur Forkopimcam, Para Kepala OPD, Kades Tanjung Marwo, Tokoh masyarakat beserta Masyrakat tanjung marwo dan kelompok tani.

Dalam sambutan Bupati Batang Hari yang di sampaikan oleh Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura bahwa program penanaman 10.000 ribu pohon manggis ini merupakan upaya Pemkab untuk meningkatkan SDM.

“Saya berharap program ini nantinya dapat meningkatkan sumber daya manusia dan menghasilkan buah manggis yang berkualitas prima dan memiliki daya saing ekspor. Untuk itu kita harus menyiapkan petani buah manggis yang cerdas,” Paparnya.

Dikatakan Mara Mulya Pane, pada tahun 2022 ini ada sebanyak 10.000 bibit pohon manggis yang di berikan kepada masyrakat sekitar 3.931 orang yang tersebar di 13 Desa di Kabupaten Batanghari.

“Dominan nanti dari 13 Desa ini ada tiga Desa yang akan dijadikan kampung hortikultura manggis diantaranya Desa Tanjung Marwo Kecamatan Muara Tembesi, Desa Ladang Peris Kecamatan Bajubang dan Desa Serasah Kecamatan Pemayung,” jelasnya.

Pane juga mengatakan bahwa Program pengembangan budidaya manggis ini sangat potensial dan kegiatan ini dapat disenergikan dengan pengembangan sektor pariwisata.

“Saya berharap agar pihaknya dan OPD terkait dapat melakukan pendampingan semaksimal mungkin terhadap petani buah manggis. Nilai tambah akan dapat diperoleh dengan mengelola kebun buah menjadi destinasi wisata baru, cita-cita itu bukan impian semata namun akan menjadi kenyataan apabila kita sama-sama bekerja keras untuk mewujudkannya,” Pungkasnya. (Nda)