Pemkab Batanghari Peringati Hari Lahir Pancasila

Batanghari, Koranjambi.com – Bertempat dihalam kantor Bupati Batanghari, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari laksanakan upacara peringatan hari lahir Pancasila tahun 2024, Sabtu (01/06/2024).

Dengan mengusung tema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2025’, Upcara tersebut diikuti oleh Anggota DPRD Kabupaten Batanghari,Forkompimda Batanghari, Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Batanghari beserta jajaran dan ASN Kabupaten Batanghari.

Dikatakan Sekda saat membacakan Pidato Resmi Kepala Badan Pembinaan Idelogi Pancasila Republik Indonesia Yudian Wahyudi.
Salam sejahtera untuk kita semua,
SALAM PANCASILA.

“Hari ini 1 juni 2024 kita memperingati Hari lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno ,sebagai Proklamator Kemerdekaan pertama kali memperkenalkan Pancasila melaului pidatonya pada tahun 1945,” Kata Sekda.

Lanjutnya, Dengan kemajemukan Indonesia, Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung hadir dalam kehidupan berbangsa sesuai dengan cita-cita pendirian Negara.Dengan menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi,dan gotong royong, keberagaman ini di rajut dan di kemas di dalam idetitas nasional “Bhineka Tunggal Ika”.

“Dalam momentum yang sangat bersejarah, kita semua komponen bangsa dimana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila kedalam setiap aspek kehidipan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” papar Sekda.

Pancasila senatiasa harus kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja di rasakan kehadirannya dan manfaatnya oleh tumpah darah Indonesia serta menjadi regulasi yang berlanskan pada semangat dan jiwa pancasila yang menjadi tauladan cerminan dari etika, itegritas dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia.

Untuk diketahui, yang bertindak sebagai pembina Upacara Sekretaris Daerah Kabupaten Batanghari Muhammad Azan dan Anggota DPRD Kabupaten Batanghari Patoni bertindak sebagai pembaca naskah Pancasila. (Nda)