Al Haris: Jaga Daerah Kita, Radikalisme Dan Terorisme Masih Eksis

al haris jaga dari radikalisme dan terorisme

Koranjambi.com, Calon Gubernur Jambi yang juga Bupati Merangin, aktif, Al Haris,  mengatakan, pentingnya mewaspadai daerah  masing-masing agar terjaga dari bahaya radikalisme dan terorisme.

Al Haris menyampaikan itu saat membuka secara resmi kegiatan  Sosialisasi Bahaya Radikalisme-Terorisme oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jambi di aula kantor  Kesbangpol Kabupaten Merangin, Rabu 31 Maret 2021.

Dalam materi yang berjudul "Peran dan Upaya Pemkab Merangin dalam pencegahan radikalisme dan terorisme di masyarakat Merangin" Bupati menyampaikan,  secara umum kelompok radikal di Indonesia masih eksis, mereka cenderung terus meningkat dan bervariasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang terus berkembang.

"Radikalisme merupakan embrio lahirnya terorisme. Radikalisme merupakan suatu sikap yang mendambakan perubahan total secara revolusioner dengan menjungkir balikan nilai tatanan yang ada secara drastis lewat kekerasan (violence) dan aksi-aksi yang ekstrim,’’ terang Bupati.

Sementara itu, Kaban Kesbangpol Provinsi Jambi, H Mukti Said, menyampaikan, sosialisasi ini sebagai upaya bersama mencegah ancaman radikalisme dan terorisme.

"Tak kalah pentingnya kita sama-sama menjaga kondusifitas PSU yang akan datang agar berjalan lancar dan aman,"ingatnya.

Baca Tinggalkan CE-Ratu, Tokoh Pemuda CERAH Nyatakan Dukung Al Haris-Sani

Kabid Penanganan Konflik Kesbangpol Provinsi Sigit Eko Yuwono dalam  materinya "Pembentukan Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah" menyampaikan, pembentukan tim kewaspadaan dini di masing-masing daerah agar dapat mendeteksi dan mencegah secara dini penyebaran paham radikalisme dan terorisme

"Cegah dan tangkal dini," tegas pria yang akrab disapa Mbah Sigit ini.

Pemateri lainnya, dari Kabinda Jambi yang diwakili Posdabin Kabupaten Merangin

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kakesbangpol se Provinsi Jambi dan anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Provinsi Jambi.

Anggota FKDM, Nasroel Yasir, yang turut hadir, meng-apresiasi kegiatan ini.

"FKDM se-Provinsi Jambi mendukung upaya bersama deteksi dan cwgah dini paham radikalisme dan terorisme," pungkas Wakil Ketua PW Muhammadiyah Jambi.(*)