Bupati Fadhil Hadiri Seminar Nasional Bersama Fkpt Jambi Serta Penanda tanganan Mou Dengan Iain Batanghari

Koran Jambi, Batanghari- Bupati Batanghari hadiri kegiatan penandatanganan MoU Bersama IAI Nusantara Batanghari sekaligus seminar nasional pencegahan radikalisme dan terorisme dengan pitutur kebangsaan yang diadakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Propinsi Jambi.

Kegiatan tersebut bertempat di Institut Agama Islam (IAI) Nusantara Kabupaten Batanghari dan dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Batanghari, Kadis Kominfo, Kadis Pendidikan, Kakan Kesbangpol, Kasubbit Radikalisasi dalam Lapas BNPT, Ketua FKPT Propinsi Jambi, unsur akademisi dan mahasiswa-mahasiswi Kampus IAIN Batanghari, Jum’at 19/08/2022.

Ketua FKPT Jambi As’ad Isma usai kegiatan mengatakan, berkat kerjasama dengan BNPT, IAI N Batanghari serta Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Batanghari kegiatan pembukaan acara pelibatan pemuda dalam rangka pelopor moderasi dan penjagaan radikalisme terlaksana dengan sukses.

“Kita yakin dengan keterlibatan perguruan tinggi kemudian pemda, apalagi tadi kita senang, BNPT senang akan kita laporkan ke Jakarta. Pak Bupati merespon, akan membuka FKPT di Kabupaten Batanghari yang tentunya ada instrumen ikut mengelola dan merespon tentang isu-isu radikalisme di Batanghari itu yang kita senang dan luar biasa, dan ini menjadi apresiasi positif dari FKPT dan BNPT RI terhadap kampus dan Pemda Batanghari,” ucap pria yang akrab disapa bg As’ad.

Beliau juga berharap anak-anak muda dari pelajar, Pramuka, OSIS, OKP menjadi pelopor mengembangkan sikap toleran dan moderasi di Kabupaten Batanghari.

Sementara itu, Roedy Widodo selaku Kasubbit Radikalisasi dalam Lapas perwakilan BNPT Provinsi Jambi merespon positif dan memberikan apresiasi yang baik dan luar biasa kepada FKPT Provinsi Jambi dan wabil khusus Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari.

“Dibawah naungan langsung dari Bapak Bupati dan insya Allah akan menggerakkan FKPT ditingkat daerah Kabupaten Kota. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat kita berikan anti virus untuk menangkal virus radikalis terorirme,” tuturnya.

Ditempat yang samaBuoati Batanghari MFA katakan kegiatan sosialisasi pencegahan tentang radikalisme dan terorisme di Kabupaten Batanghari perlu dilaksanakan karena ini menurutnya bahaya laten.

“Kita takut anak-anak muda dirasuki dengan paham-paham begini, yang akan merusak sendi-sendi kehidupan nantinya. Dan dari situ kita sepakat, diskusi dengan kawan-kawan tadi kita perlu buat forum ini sehingga nanti semua stakeholder bergerak bersama untuk mencegah timbulnya paham-paham radikalisme terorisme diseluruh wilayah Kabupaten Batanghari,” kata MFA.

Dikatakan Bupati, selain mahasiswa hal ini harus masuk ke kampung-kampung, SMA. Karena salah satu virus disebarkan melalui gadget, lewat medsos.

“Kalau dulu lewat pengajian, sekarang lewat medsos salah satu elemennya lewat kampus. Bagaimana setiap pelajaran diselipkan untuk pengingat kemudian di buat ruang untuk adik-adik kita konsultasi kalau dia menerima informasi-informasi baru yang mengusik diri mereka. Kita minta juga para dosen membuka diri untuk mahasiswanya berkonsultasi, karena takutnya jika tidak dikonsultasikan ini ditelannya mentah-mentah dan nanti akan menjadi hal berbahaya,” terangnya.

“Karena saya yakin radikal terorisme itu muncul dari kebencian, dan kebencian itu gampang disulut sekarang dengan kontraksi ekonomi dengan gini ratio yang belum begitu baik virus-virus ini akan mudah disebarkan ditengah masyarakat Kabupaten Batanghari,” tutup MFA. (Cr01)

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV

-----