Forkopimda Laksanakan Rakor , Cegah Deteksi Dini Jelang Pemilu  

Koran Jambi, Batanghari- Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Batanghari laksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan tema ‘Peningkatan deteksi dini dan cegah dini guna menjaga kondusifitas menjelang Pemilu/Pemilukada serentak Tahun 2024 dalam wilayah Kabupaten Batanghari.

Bertempat di Serambi Rumah Dinas Bupati Batanghari Rakor dipimpin oleh Wakil Bupati Batanghari Bakhtiar, didampingi Ketua DPRD Anita Yasmin, Wakapolres Kompol M. Ridha, Kasdim Kodim 0415 Jambi Letkol INF Tri Nugroho, Kakan Kesbangpol Ansori, Asisten I Setda M. Rifa’i Kadir.

Dalam sambutan pembukaan Rakor Wabup Bakhtiar mengatakan, rapat ini sangat penting dan strategis sekali guna lebih memperkuat komunikasi, tingkatkan sinergitas dan memperkokoh komitmen kita bersama sebagai penyelenggara negara di tingkat daerah.

“Keberhasilan Pemilu/Pemilukada serentak tahun 2024 sangat tergantung dari pola sinergitas, koordinasi dan komunikasi yang kuat antar lembaga terkait, karena dalam proses pemilu mulai dari pra pemilihan sampai pasca pemilihan, terdapat potensi konflik yang panjang dan berkelanjutan jika dikelola setengah hati dan dipahami secara keliru serta tidak sistematik,” ujarnya.

“Kita harus menjaga akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan Pemilu/Pemilukada serentak tahun 2024, baik pada tingkat penyelenggaraan pemilu, peserta pemilu, perintah serta jajaran penegak hukum dan aparat keamanan. Kita juga turut bertanggung jawab untuk mencegah terjadinya kekerasan atau benturan di antara masa kontestan Pemilu/Pemilukada,” lanjutnya.

Disebutkan Bakhtiar, semua harus memonitor perkembangan dan melakukan deteksi dini terhadap semua potensi kerawanan serta konflik yang mungkin terjadi di masyarakat. Kita semua harus mempedomani, dan melaksanakan semua ketentuan dan peraturan tentang pemilu agar kualitas penyelenggaraan Pemilu/Pemilukada serentak tahun 2024 bisa lebih meningkat, secara prosedural maupun substansial.

“Terakhir saya berpesan kepada seluruh ASN, TNI dan Polri untuk senantiasa menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pemilu/Pemilukada serentak tahun 2024 sebagaimana telah diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tutur Bakhtiar.

“Semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan masukan yang penting bagi terwujudnya penyelenggaraan Pemilu/Pemilukada serentak yang berkualitas,” harapnya.

Usai sambutan pembukaan, Rakor dipanjutkan dengan dialog.

Turut hadir PLT. Inspektur Kabupaten Batanghari, Satpol-PP, Dishub, para Kapolsek, Danramil dan Camat se-Kabupaten Batanghari. (Cr01)

Baca berita terbaru di JAMBISERU.COM