Tips dan Trik Merawat Ikan Cupang Jambi ~ KORANJAMBI.COM

Kamis, 26 November 2020

Tips dan Trik Merawat Ikan Cupang Jambi

tips merawat cupang jambi

Koranjambi.com, Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias yang banyak digemari akhir-akhir ini. Selain Warnanya yang cantik, ikan cupang juga memiliki keindahan dari bentuk ekornya yang menjurai panjang.

Memelihara ikan cupang bisa menjadi alternatif dimasa pandemi ini. Menurut salah seorang penggemar ikan cupang, Rusli Warga Kelurahan Tanjung Pinang, Jambi, memelihara ikan cupang tidaklah sulit jika kita menguasai triknya.

"Gampang kok, asal tahu triknya", ujarnya.

Berikut trik yang harus dilakukan dalam memelihara ikan cupang :

1. Gunakan Wadah Sederhana

tips merawat cupang jambi

Wadah disini digunakan untuk habitat hidup ikan cupang. Wadah bisa dari toples kaca atau aquarium kaca mini.

2. Gunakan air mineral

Air minerel memiliki PH air yang seimbang, sehingga sangat baik untuk habitat cupang. Bisa juga menggunakan air PAM, caranya diendapkan terlebih dahulu sebelum digunakan untuk cupang.

Baca Juga Penangkaran Ikan Cupang di Jambi, Miliki Konsumen Sampai Eropa

3. Gunakan daun ketapang

Daun ketapang berfungsi untuk mengikat racun dan juga sebagai penyeimbang kadar PH air. Sehingga Cupang merasa hidup dihabitat aslinya.

4. Ganti air secara berkala

Penggantian air secara berkala sangatlah penting. Gunanya untuk membersihkan wadah dari jamur dan racun yang dapat merusak serta mengganggu kehidupan cupang itu sendiri.

Baca Juga Mengenal 7 Jenis Ikan Cupang yang Banyak Dipelihara

5. Beri makan 2 kali sehari 

Jangat terlambat dalam memberi makan cupang. Berilah makan 2 kali dalam sehari, bisa menggunakan pelet, cacing, dan jentik nyamuk. Perhatikan juga dalam memberi makan jangan terlalu banyak, agar makanan sisa tidak mengendap dan menjadi kotoran.

6. Jemur cupang di pagi hari 

Lakukan penjemuran cupang di pagi hari selama 30 menit dibawah sinar matahari. Waktu yang baik antara pukul 07.00 WIB s/d 09.00 WIB.

7. Latih Mental Cupang

tips merawat cupang jambi

Bila memelihara cupang dalam jumlah lebih dari satu, bisa melatihnya dengan cara membuka sekat wadah, agar cupang satu sama lain bisa saling berhadapan. Gunanya untuk melatih mental cupang. Selain itu bisa juga dengan cara mendekatkan ujung jari kita ke depan cupang. Cara lainnya bisa juga dengan menggunakan cermin.(red)