Tips yang Harus di Perhatikan Sebelum membeli HP Baru ~ KORANJAMBI.COM

Senin, 30 November 2020

Tips yang Harus di Perhatikan Sebelum membeli HP Baru

perhatikan sebelum beli hp baru

Koranjambi.com, Telepon pintar atau Smartphone menjadi kebutuhan dasar milenial saat ini. Apalagi dimasa pandemi ini, dimana kebijakan pembatasan sosial membuat banyak aktivitas dilakukan secara online.

Jika kamu sedang mencari telepon pintar untuk menunjang aktifitas keseharianmu, ada baiknya memperhatikan beberapa hal di bawah ini.

1. RAM dan ROM 

Ada banyak pilihan RAM (Random Access Memory) untuk smartphone di pasaran. Besar kecilnya RAM menjadi salah satu faktor untuk menopang kinerja smartphone. Pada umumnya HP yang beredar dipasaran saat ini memiliki ukuran RAM 2-8GB dan  itu dirasa cukup untuk mendukung kelancaran kinerja smartphone.

Sementara kebutuhan ROM (read-only-memory) dalam sebuah HP adalah untuk media penyimpanan internal (Internal Storage). ROM yang besar akan lebih leluasa menyimpan berbagai file dan aplikasi. Umumnya HP yang banyak beredar di pasaran saat ini memiliki ROM 16-512GB.

2. Kamera HP

Ada banyak sekali pilihan HP dengan beragam kamera unggulannya. satu HP bisa memiliki 4 kamera sekaligus. ke empat kamera itu mempunyai fungsi yang berbeda, adalah; Kamera Makro untuk mengambl gambar yang berukuran kecil. Kamera Wide berfungsi untuk mengambil gambar dengan jangkauan sudut yang luas. Kamera telephoto, berfungsi untuk mengambil objek secara detail. Dan kamera ultrawide, berfungsi untuk mengambil gambar yang jangkauan sudutnya lebih luas dari kamera wide.

3. Desain 

Sebagai kaum milenial, desain smartphone juga jadi pertimbangan dalam memilih HP. Mulai dari ukuran HP dan juga ketebalannya. Pilihlah HP yang nyaman disimpan di saku, tetapi juga nyaman saat dipegang.

4. Layar HP

Layar HP yang baik dapat memanjakan mata meski berlama-lama depan smartphone. Sedikitnya ada 6 jenis layar HP yang banyak beredar di pasaran saat ini. 

  • TFT LCD (Thin Film Transistor technology)
  • IPS-LCD (In-Place Switching)
  • Capacitive Touchscreen LCD
  • OLED (Organic Light Emitting Diode)
  • AMOLED (Active-Matrix Organic Light-Emitting Diode)
  • Super AMOLED

5. Baterai HP

Baterai dengan kapasitas besar dapat membuat HP tahan lama saat digunakan beraktivitas. Tidak harus sering-sering di charge. 

Itulah hal dasar sebagai bahan pertimbangan kamu dalam memilih smartphone saat ini. (*)