Header Ads Widget

Adidas Sebut Wayang Kulit dari Malaysia, Netizen Indonesia Geram

adidas sebut wayang kulit dari malaysia


Koran Jambi, Postingan Akun Instagram @adidassg (Adidas Singapore) membuat netizen Indonesia geram. Pasalnya, Adidas menyebut jika wayang kulit berasal dari Malaysia.

Unggahan yang membuat geram netizen Indonesia itu pertama kali diunggah melalui akun Adidas Singapore @adidassg, Selasa (9/11/2021).

"Merayakan warisan budaya Malaysia melalui mata @JAEMYC dalam #UltraBOOST DNA City Pack berikutnya," tulis Adidas sebagai keterangan unggahannya seperti dikutip suara.com, Senin (15/11/2021).

"Desainnya berbicara tentang penghormatan kepada Wayang Kulit, bagian penting dari identitas dan warisan budaya Malaysia dengan menggabungkan unsur-unsur Wayang Kulit dengan palet warna modern, dalam pendekatan "lama-bertemu-baru" pada DNA UltraBOOST," tulis Adidas menjelaskan konsep produk barunya.

Pada awal ungggahan yang berupa video tersebut, Adidas memperlihatkan sebuah pertunjukan wayang kulit untuk memperkenalkan produknya.

Adidas lalu menunjukkan bocoran penampakan produk sepatu keluaran barunya yang berwarna putih, di akhir video.

Hal ini tentu saja mengundang beragam reaksi netizen Indonesia. Akun @adidassg tersebut dibanjiri komentar.

Baca Juga Puluhan Tahanan Lapas Muara Bulian Kabur

Umumnya netizen menjelaskan bahwa wayang kulit merupakan budaya yang dimiliki Indonesia. Ada juga yang membagikan link website UNESCO yang menjelaskan bahwa wayang kulit merupakan warisan budaya asli Indonesia.

"Wayang adalah warisan Indonesia! Stop curi dan klaim budaya dan warisan negara kami," lanjut netizen lain.

"Wayang dari Indonesia!! Bukan Malaysia!" tulis netizen.

"lol. itu budaya Indonesia btw. Please cek terlebih dahulu sebelum Anda mengunggahnya," tulis netizen lainnya.

"Wayang dari Indonesia. Pinter sedikit lah apa apa ko Malaysia. Malaysia mah ampe mie instan juga diakuin. Malu banget sekelas Adidas aja ga ngerti warisan budaya suatu negara," tulis warganet lainnya.

"Wayang kulit yaitu seni tradisional Indonesia yang terutama berkembang di Jawa. Wayang berasal dari kata 'Ma Hyang' yang berfaedah menuju untuk roh spiritual, dewa, atau Tuhan Yang Maha Esa. masak sekelas adidas gabisa crosscheck sih. memalukan." tulis warganet lain di kolom komentar Adidas.(*)